Usia Berapa Bayi Mulai Dapat Melihat dengan Jelas?

Penglihatan anak sebelum berumur tiga bulan menurut dokter spesialis anak konsultan adalah masih buram. Lalu, kapan bayi mulai dapat melihat dengan jelas?

Sesudah berusia tiga bulan, penglihatan mulai berwarna namun masih buram. Penglihatan anak barulah mulai terang dan jelas ketika menginjak umur enam bulan.

Kondisi mata pada anak harus diperhatikan oleh setiap orangtua. Pasalnya, kanker retina pada anak adalah cukup tinggi.

Mata 'kucing' pada anak berarti bahwa mata anak tersebut justru bercahaya ketika gelap dan adanya bintik putih di mata. Keadaan seperti ini harus diperiksakan ke dokter dengan segera untuk memastikan apakah ada kelainan atau penyakit pada mata anak.

Gangguan pada mata tidak hanya menimbulkan penyakit mata secara khusus, tetapi juga dapat memunculkan gangguan belajar. Gangguan mata anak ini biasanya baru diketahui oleh orangtua saat anak sudah mulai belajar di sekolah.

Orangtua harus mewaspadai adanya gangguan mata pada anak. Pasalnya, anak jarang mengeluhkan kondisi penglihatannya. Padahal, beberapa penyakit mata dapat dideteksi sedari awal. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya adalah mata minus, plus, silinder, tumor mata, glaucoma, dan pertumbuhan iris tidak sempurna. Penyakit tersebut dapat timbul karena genetik atau karena bayi lahir secara prematur.

Usia Berapa Bayi Mulai Dapat Melihat dengan Jelas?

Nutrisi yang penting untuk kesehatan secara umum dan mata penting sekali bila tidak ada gangguan. Hal ini mengingat bahwa proses belajar anak bermula dari penglihatan.

Gizi yang baik memegang peranan penting dalam memengaruhi kemampuan belajar sang anak. Gizi yang baik membantu pertumbuhan fungsi penglihatan pada fase mengamati.

Sedangkan dalam proses berpikir, zat gizi seperti DHA akan membantu kemampuan kognisi dan perkembangan otak buah hati. Gizi yang lengkap diperlukan sekali untuk membantu pencernaan dan daya tahan tubuh guna memastikan anak tumbuh sehat dan aktif.
Usia Berapa Bayi Mulai Dapat Melihat dengan Jelas? Usia Berapa Bayi Mulai Dapat Melihat dengan Jelas? Reviewed by Munadi on 10:25:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar: