Strategi Kreatif Menjaga Nafsu Makan Si Kecil

Biasanya yang namanya anak balita itu lebih suka bermain ketimbang makan. Anak yang susah makan ini disebabkan oleh masa transisi dari Air Susu Ibu (ASI) ke makanan pendamping, kemudian dilanjutkan dengan makanan orang dewasa.

Nah, pada masa peralihan tersebut kerap kali membuat anak mengalami penurunan nafsu makan. Namun, ada beberapa strategi kreatif yang dapat dilakukan agar anak dapat makan dengan lahap.

Makanan Warna-warni
Selera makan anak dapat dibangkitkan dengan membuat makanan warna-warni. Contohnya adalah dengan menghidangkan beragam sayuran berwarna hijau, merah, atau jingga. Tetapi, tetaplah untuk mengolah masakan dengan lezat dan sehat.

Pembatasan Minuman Manis
Minuman manis dapat meningkatkan jumlah kalori. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memberikan minuman manis kepada sang anak sebab dapat membuat anak cepat kenyang. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan jus segar dengan takaran gula yang secukupnya.

Buah Pisang

Makanan Ringan Sehat
Berikan makanan ringan yang manis secara alami untuk meningkatkan nafsu makan dan mencegah kerusakan pada gigi. Misalnya, buah anggur atau pisang, irisan apel, selai kacang, dan yogurt dengan lemak yang rendah.

Perhatikan Tingkah Anak
Anak yang sudah merasa kenyang mempunyai tanda berupa mendorong piringnya. Jangan dipaksakan untuk makan sebab dapat menyebabkan trauma. Hal ini bisa membuat anak menjadi malas makan.

Berikan Suplemen Pendukung
Suplemen untuk anak yang cocok adalah yang mengandung lysine atau asam amino esensial. Kandungan ini bermanfaat untuk menambha nafsu makan dan menunjang tumbuh kembang anak.
Strategi Kreatif Menjaga Nafsu Makan Si Kecil Strategi Kreatif Menjaga Nafsu Makan Si Kecil Reviewed by Munadi on 9:31:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar: