Hati-hati Memilih Kosmetik pada Bayi

Seperti halnya pada orang dewasa, bayi juga sudah memakai kosmetik. Penggunaan kosmetik bayi seperti sabun, sampo, bedak, dan parfum telah lazim dilakukan para orangtua kepada bayinya.

Meskipun begitu, seharusnya para orangtua lebih berhati-hati ketika memakai kosmetik pada bayi. Khususnya pada bayi yang berumur di bawah satu tahun. Pasalnya, kulit bayi di usia ini masih sensitif sekali.

Kulit bayi terlindungi secara alami dan selalu terjaga kelembabannya saat berada dalam kandungan. Hal ini disebabkan bayi hidup di dalam kantung amnion atau ketuban.

Nah, saat bayi lahir, kulitnya harus beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda bila dibandingkan ketika berada dalam kandungan yang hangat dan nyaman. Setelah itu, para ibu akan melakukan beragam perawatan kulit.

Bayi Belajar Berenang
RATNA SUMINAR / kumpulanfotogratis.com
Ada perbedaan antara kulit anak dan orang dewasa. Kulit bayi lebih tipis dan masih rentan terhadap iritasi sehingga dibutuhkan perawatan yang benar.

Bila orangtua hendak memberikan kosmetik pada bayi, maka ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Apakah itu ada alergi atau reaksi lainnya.

Mirip dengan kulit orang dewasa, kulit bayi ada pula yang sangat sensitif, ada juga yang kebal. Boleh mencoba kosmetik, namun harus melihat reaksi kulit bayinya. Ada bayi yang ganti-ganti 10 merek kosmetik tidak masalah, namun ada pula yang cepat reaksinya.

Reaksi yang timbul dapat berupa kemerahan, iritasi, dan reaksi alergi yang dapat kena di bagian pernafasan atau pencernaan.
Hati-hati Memilih Kosmetik pada Bayi Hati-hati Memilih Kosmetik pada Bayi Reviewed by Munadi on 4:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar: