Apa yang Terjadi Ketika Bayi Menendang Perut Ibu Hamil?

Momen terindah yang dialami oleh ibu hamil ketika mengandung adalah merasakan tendangan pertama janin. Berkah terindah yang dirasakan oleh para ibu hamil adalah mengandung sang buah hati selama sembilan bulan. Gerakan janin ini boleh dibilang sebagai bentuk komunikasi paling awal yang terjadi antara sang ibu dan anak.

Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi ketika bayi menendang perut sang ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa informasi tentang saat terindah yang dirasakan oleh setiap ibu yang sedang mengandung tersebut.

Secara umum, sensasi gerakan janin terjadi ketika kandungan mencapai umur 20 minggu. Tetapi, hal ini terbilang variatif pada masing-masing ibu hamil. Pasalnya, gerakan pertama ini bisa saja dirasakan oleh beberapa ibu hamil di usia kandungan mencapai 22 atau 24 minggu. Meskipun demikian, tidak sedikit ibu hamil yang mengalaminya lebih cepat, yaitu saat kehamilan mencapai umur 16 atau 18 minggu.

Gerakan Janin

Para ibu hamil biasa menyebut gerakan janin ini sebagai tendangan. Gerakan ini memberikan sebuah perasaan bahagia yang tidak bisa diungkapan dengan kata-kata. Gerakan ini ada yang menyerupai seperti kepakan kupu-kupu yang lembut. Atau, tekanan ringan yang mendatangkan rasa geli di sekitar area perut.

Gerakan atau yang disebut dengan tendangan ini dirasakan oleh para ibu hamil tidak selalu secara real time. Maksudnya adalah dapat saja sang ibu merasakan gerakan tersebut tiga atau lima detik sesudah janin bergerak sebab lokasi plasenta dan ketebalan dinding perut yang melindungi janin.

Pergerakan ini bukan tendangan dari janin, melainkan perenggangan tubuh seiring dengan proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Demikian penjelasan dari The American Pregnancy Organization. Pertumbuhan ini seiring berjalannya waktu akan terasa seperti tendangan dan tinju yang lembut.

Selain itu, gerakan ini dapat pula disebabkan oleh meresponnya sang janin karena mendengar suara ibu, emosi yang dirasakan oleh ibu hamil, atau mereka berada dalam posisi yang kurang nyaman. Di samping hal-hal tersebut, pilihan makanan ibu hamil bisa juga memengaruhi pergerakan janin menjadi lebih atraktif.
Apa yang Terjadi Ketika Bayi Menendang Perut Ibu Hamil? Apa yang Terjadi Ketika Bayi Menendang Perut Ibu Hamil? Reviewed by Munadi on 1:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar: