Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Berbagai ketidaknyamanan di wilayah perut kerap dirasakan oleh Bunda saat sedang hamil. Hal ini terjadi bukannya tanpa sebab. Salah satu penyebabnya adalah masih berhubungan dengan meningkatnya hormon kehamilan pada tubuh Bunda.

Meningkatnya hormon kehamilan akan berdampak pada meningkatnya asam lambung dan memperlambat gerakan usus pada saluran cerna. Kemudian, kondisi tersebut menyebabkan timbulnya beberapa gangguan perut di masa kehamilan.

Salah satu gangguan perut yang kerap dialami Bunda adalah perut kembung. Perut kembung terjadi karena meningkatnya kadar hormon progesteron yang menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat. Akibatnya, makanan dan gas yang diproduksi menjadi lebih lama transit di lambung dan usus. Kondisi seperti ini mendorong Bunda menjadi sering bersendawa untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi perut kembung saat hamil.

  • Disarankan tidak makan dalam jumlah banyak. Biasakan makan dalam jumlah kecil tetapi frekuensinya sering.
  • Kunyahlah makanan secara menyeluruh dan tidak berbicara ketika makan.
  • Kurangi bahan makanan yang mengandung banyak gas, seperti minuman bersoda, kol, dan lain sebagainya.
  • Gunakan pakaian yang longgar di wilayah perut agar tidak menyebabkan sesak.
  • Berolahraga bisa mengurangi jumlah gas di dalam tubuh. Jalan cepat bisa membantu proses pencernaan serta membantu mengeluarkan gas.
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Reviewed by Munadi on 8:09:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar: