Tips Kesehatan Saat Anak Aktif Bermain di Luar Rumah

Sinar matahari yang hangat sering dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain di luar rumah. Dalam kondisi seperti ini, orangtua tetap perlu memberi dukungan kesehatan untuk mereka. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk hal tersebut.

1. Minum Air Putih Secara Rutin

Pastikan anak-anak untuk mendapatkan banyak cairan saat mereka sedang aktif ketika cuaca panas untuk mencegah dehidrasi. Jangan sampai anak menunggu rasa haus datang sebab haus merupakan pertanda dehidrasi. Saat si kecil sedang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, pastikan dia untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya, tidak perlu menunggu rasa haus datang baru minum.

Tanda dehidrasi dapat dikenali dari warna urine. Oleh karena itu, ajari anak untuk mengenalinya. Status hidrasi yang baik ditunjukkan dengan warna urine yang jernih, Tetapi, jika warna urinenya kuning pekat bahkan kecokelatan, maka hal ini pertanda dia kurang cairan.

2. Melindungi dari Sinar Ultraviolet Matahari

Cara melindungi kulit anak dari sinar ultraviolet adalah dengan mengoleskan tabir surya khusus untuk anak dengan faktor perlindungan terhadap matahari (sun protection factor) paling tidak 15. Di samping itu, usahakan juga supaya anak tidak berada di bawah terik matahari pada pukul 10:00 hingga 15:00.

Taman Bermain
downloadkoleksigambargratis.com

3. Menghindari Gigitan Nyamuk dan Serangga

Rajin membersihkan tempat-tempat di rumah yang airnya tidak mengalir atau kebun dengan banyak tanaman untuk menghindarkan buah hati dari gigitan nyamuk dan serangga. Oleskan juga pada pakaian anak yang berumur di atas dua tahun dengan produk antiserangga yang mempunyai kandungan DEET kurang dari 10 persen.

4. Mencuci Tangan dengan Rajin

Salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit menular adalah dengan rajin mencuci tangan. Ajarkan anak untuk melakukan kebiasaan ini saat dia selesai bermain, setelah dari kamar mandi, atau saat ingin makan. Ajari juga si kecil untuk mencuci tangan dengan benar yaitu membasuh kedua tangan termasuk telapak tangan dan sela-sela jari, dan harus dibasuh di bawah air yang sedang mengalir.
Tips Kesehatan Saat Anak Aktif Bermain di Luar Rumah Tips Kesehatan Saat Anak Aktif Bermain di Luar Rumah Reviewed by Munadi on 6:52:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar: