Tips Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Sakit perut bagian bawah biasanya dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan. Rasa sakit perut pada bagian bawah ini menyerupai saat menjelang menstruasi.

Penyebab utama dari sakit ini adalah hormon progesteron yang meningkat sehingga mengakibatkan penegangan otot-otot di sekitar perut.

Ketika memasuki trimester II masa kehamilan, saat perut semakin membesar, sakit yang menyerupai nyeri ini juga sering muncul. Biasanya terasa di bagian kanan dan kiri perut bagian bawah. Sering juga dirasakan pada salah satu sisi saja dan berpindah-pindah dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Sakit ini disebabkan oleh kehamilan yang semakin membesar sehingga membuat ligamentum (penggantung rahim dengan dinding perut) menjadi melar dan tertarik sehingga terasa nyeri. Rasa nyeri ini tidak membahayakan.

Tips Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Di samping itu, sakit perut pada bagian bawah ini mungkin juga dapat terjadi akibat tendangan dan sundulan kepala janin yang menyebabkan terjadinya kontraksi tetapi tidak berbahaya.

Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut bagian bawah saat hamil.

  • Saat rasa nyeri menyerang, beristirahatlah dengan posisi duduk atau tiduran.
  • Gunakan bantal penyangga kepala yang tinggi untuk mengurangi rasa nyeri.
Tips Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil Tips Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil Reviewed by Munadi on 9:37:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar: